Friday, September 1, 2023

TIPS AND TRICK - 10 Tips Agar Tak Mudah Lupa Pelajaran Sekolah

 


PT. Rifan Financindo Berjangka - Hayo, siapa nih yang sering lupa pelajaran sekolah? Kami punya solusinya! Berikut ini adalah sederet tips agar tak mudah lupa pelajaran sekolah.

Ada banyak faktor yang membuat seorang anak mudah lupa pelajaran. Seperti kurangnya konsentrasi saat belajar, kurang pengulangan materi, stres, kurang tidur, atau mungkin metode belajar yang kurang sesuai. Mengutip website resmi UM Surabaya, Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Holy Ichda menerangkan proses input informasi yang tersimpan dalam memori jangka panjang akan tersimpan lebih lama. Sedangkan informasi yang diterima seorang anak mungkin tidak sedikit. Maka ketika mengingatnya, biasanya membutuhkan upaya untuk recalling.

Baca Juga: AQUAPORIN, INOVASI PEMURNIAN AIR NASA

Jangan khawatir, kami punya 10 tips yang bisa membantu Anda mengatasi masalah mudah lupa dalam mempelajari pelajaran. Ini bukan hanya tips biasa, tapi tips yang sudah terbukti efektif!

1. Buat Rencana Studi yang Teratur

Buatlah jadwal belajar yang konsisten, dan atur waktu khusus untuk setiap mata pelajaran. Pengulangan dan konsistensi dalam belajar dapat membantu memperkuat memori.

2. Aktifkan Proses Belajar

Jangan hanya membaca teks atau mendengarkan pelajaran. Buat catatan, ajukan pertanyaan, dan coba menjelaskan materi kepada diri sendiri. Proses aktif ini dapat membantu memahami dan mengingat pelajaran dengan lebih baik.

3. Gunakan Metode Visual

Buat mind map, diagram, atau grafik untuk menggambarkan hubungan antara konsep-konsep yang dipelajari. Ini dapat membantu Anda mengingat informasi dengan cara yang lebih visual dan terstruktur.

4. Teknik Asosiasi

Mulailah mengaitkan informasi baru dengan pengetahuan yang sudah ada dalam pikiran. Membuat asosiasi dapat memudahkan Anda mengingat informasi baru.

5. Gunakan Teknik Mengajar Orang Lain

Coba mengajarkan hal-hal yang telah dipelajari kepada orang lain. Proses mengajarkan ini bisa membantu Anda memperkuat pemahaman dan ingatan.

6. Variasi dan Kreativitas

Ubah cara dalam mempelajari materi. Gunakan variasi dalam metode belajar, seperti membaca, menulis, mendengarkan, dan berdiskusi. Ini bisa membantu Anda mendapatkan suasana baru dalam belajar.

7. Istirahat yang Cukup

Pastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup setiap hari, dengan tidur 8-12 jam setiap harinya. Pikiran yang segar lebih baik dalam memproses dan menyimpan informasi.

8. Nutrisi dan Olahraga

Pola makan yang seimbang dan olahraga teratur dapat mendukung kesehatan otak dan memori Anda.

9. Latihan Mental

Mencoba permainan otak, teka-teki, atau latihan yang melibatkan pemecahan masalah dapat merangsang otak dan meningkatkan kemampuan ingatan Anda.

10. Kelola Stres

Stres dapat mempengaruhi kemampuan memori. Coba temukan cara-cara untuk mengelola stres, seperti meditasi, yoga, atau aktivitas yang Anda nikmati.

Setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda, jadi coba beberapa tips di atas untuk menemukan apa yang paling efektif untuk Anda. Jangan biarkan lupa pelajaran mengganggu prestasi sekolah Anda!

PT. Rifan Financindo Berjangka - Glh

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write comments