Monday, November 6, 2023

TIPS AND TRICK - 5 Tips Lindungi Diri dari Ransomware



PT. Rifan Financindo Berjangka - Ransomware: Kata ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Ancaman siber yang merajalela ini terus mengintai para pengguna internet, dan bisa merusak kehidupan digital Anda dalam sekejap. Di artikel ini, kami akan membagikan lima tips penting untuk melindungi diri Anda dari serangan ransomware yang dapat mengunci data berharga Anda.

Ransomware adalah jenis malware yang menargetkan perangkat keras Anda dengan tujuan mengenkripsi semua data berharga, termasuk dokumen, gambar, dan database Anda. Kemudian, para penjahat siber akan meminta tebusan agar Anda bisa mendapatkan kembali data Anda yang telah disandera.

Baca juga : ESPORT - Pertahanan Terhadap Faramis di Mobile Legends dengan Item Pertahanan Terbaik di 2023

Bagaimana Anda dapat melindungi diri dari ancaman ini? Berikut adalah lima tips yang dapat membantu Anda:

1. Backup Data Secara Rutin

Penting sekali untuk selalu membuat salinan cadangan data Anda. Gunakan penyimpanan cloud dan hard drive eksternal untuk menyimpan file dan dokumen penting. Pastikan untuk mencadangkan data secara teratur, setidaknya beberapa kali dalam sebulan. Jangan lupa untuk mengamankan akses ke penyimpanan cloud Anda dengan kata sandi kuat dan otentikasi dua faktor.

2. Waspadai Email yang Mencurigakan

Lampiran email dan tautan ke situs web berbahaya adalah tempat favorit bagi Trojan ransomware. Selalu pastikan Anda tahu siapa pengirim email dan pertimbangkan dengan skeptis konten, lampiran, dan tautan dari pengirim yang tidak dikenal. Jika ada yang mencurigakan, masukkan pesan tersebut ke dalam folder spam.

3. Hindari Situs Mencurigakan

Jika Anda mengunjungi situs web yang mencurigakan atau merasa bahwa halaman tersebut tidak aman, segera tutup halaman tersebut. Jangan mengunduh atau mengklik tautan apa pun dari situs yang mencurigakan.

4. Selalu Update Software

Pastikan seluruh perangkat lunak Anda selalu diperbarui. Pelaku kejahatan siber seringkali memanfaatkan kerentanan dalam perangkat lunak yang tidak diperbarui. Aktifkan pembaruan otomatis dan periksa pembaruan secara berkala untuk aplikasi yang tidak diperbarui secara otomatis.

5. Instal Solusi Keamanan

Solusi keamanan modern, seperti Kaspersky Internet Security, dapat membantu Anda mengidentifikasi dan memblokir malware secara real-time. Investasikan dalam solusi keamanan yang dapat melindungi perangkat Anda dari ransomware.

PT. Rifan Financindo Berjangka - Glh

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write comments