Tuesday, June 18, 2024

TIPS AND TRICK - Tips untuk Membangun Harga Diri Pada Orang Dewasa

 


PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA - Harga diri adalah salah satu nilai yang perlu dikenali setiap individu. Harga diri adalah komponen yang memengaruhi motivasi, kesejahteraan mental, dan kualitas hidup. Dalam psikologi, harga diri adalah istilah yang juga disebut dengan self-esteem.

 

Harga diri adalah konsep yang berkaitan dengan mengenali sekaligus mencintai diri sendiri. Harga diri adalah nilai yang bisa ditentukan oleh banyak faktor. Mengenali harga diri adalah penting karena ia juga akan memengaruhi proses pengambilan keputusan dalam hidup.

 

Seseorang bisa merasa memiliki harga diri yang rendah atau sebaliknya. Namun, harga diri bisa berubah seiring waktu. Harga diri adalah sesuatu yang bisa diubah, tergantung keinginan individu.


Berikut cara meningkatkan harga diri pada orang dewasa:

 

- Jangan menjadi musuh terburuk untuk sendiri. Cobalah untuk menghindari terlalu banyak mengkritik diri sendiri atau berasumsi yang terburuk.

 

- Tetap berpegang pada fakta tentang kemunduran. Orang dengan harga diri rendah sering melompat ke kesimpulan yang terlalu negatif.

 

- Beri diri penghargaan dan terima pujian. Jika seseorang memujimu, akui komentar itu dan rasakan perasaan senang karenanya. Jangan bersikap rendah hati sampai tidak percaya pada kekuatanmu.

 

- Maafkan diri ketika melakukan kesalahan—itu bagian dari menjadi manusia. Juga pahami bahwa beberapa hal berada di luar kendali.

 

- Jangkau orang lain untuk meminta bantuan saat membutuhkannya.

PT Rifan Financindo Berjangka – Glh


    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write comments