Tuesday, September 1, 2020

TIPS AND TRICK - Tips Yang Perlu Diperhatikan Pendaki Pemula Sebelum Naik Gunung



PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA - Saat ini sudah banyak gunung yang membuka kembali gerbang pendakiannya setelah berbulan-bulan ditutup demi menekan angka penyebaran virus corona.

Tak hanya pendaki berpengalaman, pendaki pemula juga tak sabar untuk segera menggapai puncak gunung, terutama yang jaraknya bisa ditempuh hanya dengan road-trip atau naik kereta.

Pembukaan gunung juga disertai dengan protokol kesehatan yang ketat, seperti larangan datang saat sakit, penggunaan masker dan rutin cuci tangan, jaga jarak fisik, hingga pengurangan kuota pendaki dalam satu hari.

Sama seperti pendaki berpengalaman, para pendaki pemula juga jangan hanya bermodalkan semangat wisata alam saja saat baru pertama kali mendaki gunung.

Meidian Prana, pemandu pendaki yang juga seorang Humas DPP Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia (APGI), berpesan bahwa pendaki pemula harus menyiapkan fisik dengan berolahraga rutin minimal seminggu sebelum naik gunung, misalnya dengan bersepeda atau jogging.

BACA JUGA : POLITIK DALAM NEGERI - Wakil Presiden Ma'ruf Amin Klarifikasi Status Cucu Adly Fairuz

"Cari informasi terbaru tentang gunung yang dituju, begitu juga dengan barang bawaan yang wajib dibawa seperti pakaian penahan dingin, kantong tidur, dan lain sebagainya," kata Meidian Selasa (1/9).

Pendaki pemula juga tak perlu ngoyo untuk langsung mendaki gunung yang tinggi, seperti Semeru atau Rinjani.

Sebaliknya, pendaki pemula bisa melatih fisiknya terlebih dahulu dengan mendaki gunung-gunung yang medannya tak begitu terjal dan jarak tempuh sampai ke puncaknya tak begitu jauh. Tentu saja dengan ditemani pemandu yang berpengalaman.

"Gunung Papandayan, Gunung Prau, dan Gunung Ijen, saya rasa pas untuk dijajal oleh pendaki pemula atas dua pertimbangan tersebut," ujarnya.

Tak ada yang bisa menebak nasib seseorang saat berada di gunung, karena alam punya rahasia yang begitu besar, ditambah lagi oleh faktor cuaca yang bakal berbeda saat di kaki dan di puncak gunung.

Para pendaki pemula yang sekiranya ingin menikmati gunung namun masih khawatir dengan keterbatasan fisik, disarankan Meidian untuk staycation saja di kaki gunung, karena menikmati alam tak perlu sampai mencelakakan diri yang akhirnya merepotkan orang lain, apalagi di tengah pandemi virus corona seperti saat ini.

"Saat ini ada banyak pilihan villa atau home stay yang berada di sekitar Cibodas, Dieng, Sembalun, atau Lava View. Pemandangan gunung masih tetap terlihat meski dari kejauhan," pungkasnya.

Pendaki pemula yang tertarik memulai hobi naik gunung bisa mencari informasi lebih lanjut di media sosial APGI @apgi-official



PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA - Why

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write comments