Tuesday, July 9, 2019

TIPS AND TRICK - Cara Mudah Menghindari Jadi Korban Phishing


TNT Kunginan, Jakarta - Salah satu metode serangan siber yang terjadi sejak lama adalah phishing. Metode ini memanfaatkan pelaku yang berpura-pura menjadi orang lain dan berusaha mengelabui korban untuk mendapatkan informasi pribadinya.
phishing kerap masih menjadi ancaman nyata mengingat kerap memanfaatkan teknik yang semakin canggih. Terlebih, penipuan dan berita bohong kini berkembang semakin nyata.
Sejumlah bentuk phishing yang biasa digunakan adalah pesan teks, email, profil media sosial, unggahan, termasuk situs web palsu.

BACA JUGA :
PT RIFAN FINANCINDO - Komoditas Emas Akan Jadi Primadona 
RIFAN FINANCINDO - Investasi Emas Masih Primadona di Tahun Politik
PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA - Emas masih akan Menjadi Komoditas Paling Menarik untuk Investasi Berjangka Tahun ini 
PT RFB - Berikan Gambaran Investasi di Tahun 2019, RFB Gelar Investment Outlook
    Biasanya, pelaku akan mengirimkan pesan yang seolah-olah berasal dari perusahaan ternama atau seseorang yang dikenal.
    Untuk itu, Facebook berbagi tips agar seseorang terhindar dari aksi phishing. Seperti apa tipsnya? Berikut ini cara mencegah menjadi korban phishing seperti dibagikan Facebook dalam keterangan resmi, Senin (8/7/2019).
    1. Simpan Informasi Pribadi
    Jangan pernah memberikan detail login kamu. Facebook tidak pernah meminta kata sandi pengguna dalam bentuk email termasuk mengirimkan kata sandi.
    2. Jangan Menerima Permintaan Pertemanan dari Orang Asing
    Seperti di dunia nyata, penipu biasanya berusah untuk menyamar sebagai temanmu. Karenanya, hindari permintaan pertemanan dari orang yang tidak dikenal, sehingga dapat mencegah penipu menyebarkan spam di linimasa-mu.

    Amankan Akun

    3. Amankan Akun seperti Barang Berharga Lainnya
    Ganti password kamu secara berkala. Hal ini dilakukan agar akunmu tidak dicuri penipu, terutama yang ingin memanfaatkannya untuk menghubungi kerabat dan temanmu.
    4. Tinjau Aktivitas Akun dan Hapus Spam
    Kamu dapat memeriksa riwayat login untuk mengetahui apakah ada aktivitas yang mencurigakan. Tidak hanya itu, kamu juga perlu memeriksa aplikasi terpasang yang memiliki akses ke datamu.
    5. Cek Fitur Keamanan dari Facebook
    Apabila kamu tidak yakin terhadap penawaran atau update meragukan, cek ulang keamanannya. Fitur keamanan Facebook menyediakan pengamanan ekstra untuk pengguna.
    6. Ambil Tindakan dan Laporkan ke Facebook
    Saat menerima email mencurigakan yang mengatasnamakan Facebook, kamu dapat melaporkannya ke phish@fb.com. Apabila ingin melaporkan percakapan, kamu perlu mengambil screenshot terlebih dulu lalu mengirimkannya.

    Sumber : Liputan 6

      Choose :
    • OR
    • To comment
    No comments:
    Write comments